Mirip Tapi Beda! Kenali Perbedaan Let, Lets, dan Let’s

Posted on

Let, lets, dan let’s… tentunya kalian sudah tidak asing lagi bukan dengan ketiga kata ini. Kalau saya pribadi, kata-kata ini sering saya temukan dalam percakapan, lagu, maupun film. Ketiga kata ini memiliki pelafalan/pengucapan yang mirip. Artinya pun hampir sama.

let lets dan let's, majalahinggris

Namun, jika kita belum memahami dengan benar penggunaan dari ketiga kata ini, tentu saja hal itu akan mempersulit kita, terutama pada bagian menulisnya karena akan terlihat jika kita salah menggunakannya. Nah maka dari itu pada postingan kali ini, kita akan mmepelajari tentang perbedaan dari let, lets, dan let’s.

Let

Let ini merupakan sebuah kata kerja (verb) yang jika diartikan ke bahasa indonesia berarti ‘izinkan’ atau ‘biarkan’. Kata ini digunakan sebagai sebuah persetujuan untuk melakukan sesuatu. Untuk menggunakan kata kerja ini, kita dapat menempatkan object pronoun atau noun setelah kata ‘let‘ ini. Berikut contoh kalimatnya:

  • Let her read that book for a while (Biarkan dia membaca buku itu untuk sementara).
  • Let me help you fix this camera (Ijinkan saya untuk membantumu mmeperbaiki kamera ini).
  • Please let him go to his grandmother’s house now (Tolong biarkan dia pergi ke rumah neneknya sekarang).
  • I would let you meet Hikikoboshi after you finish your weave (Aku akan mengijinkanmu bertemu Hikikoboshi setelah kamu menyelesaikan tenunanmu).

Lets

Ya sebenarnya ini sama dengan let, hanya saja karena subjek yang digunakan merupakan subjek tunggal seperti she, he, dan it; atau pronoun seperti my mother, Adian, dan sebagainya; maka otomatis kata kerja yang digunakan perlu ditambah s/es. Nah let + s jadilah lets ini. Berikut contoh kalimatnya:

  • Hina lets me call her by her name (Hina mengijinkanku untuk memanggilnya dengan namanya).
  • Her mother lets me play with her son (Ibunya mengijinkanku untuk bermain dengan anaknya).
  • She lets me go home earlier (Dia membiarkanku untuk pulang ke rumah lebih awal).
  • Adian lets me solve his mathematics questions (Adian membiarkanku menyelesaikan soal matematikanya).

Baca Juga: Perbedaan Alone dan Lonely

Let’s

Let’s merupakan singkatan dari kata ‘let us‘ yang berarti ‘mari kita’ atau ‘ayo’. Penggunaan let’s disini lebih condong sebagai ajakan dibandingkan sebagai permohonan izin. Dalam penggunaannya, let’s biasa diikuti oleh bare infinitive (kata kerja V1 tanpa s/es). Berikut contoh kalimatnya:

  • Let’s go to the beach together next week (Ayo pergi ke pantai bersama minggu depan).
  • Hey, do you have some free time tomorrow? If yes, let’s go watch the newly-released movie (Apakah kamu memiliki waktu luang besok? Jika iya ayo menonton film yang baru rilis itu).
  • Your face looks pale. Let’s take a break (Wajahmu terlihat pucat. Ayo istirahat sebentar).

Oke, itu tadi perbedaan dari let, lets, dan let’s. Tentunya setelah membaca postingan ini, kamu tidak lagi kebingungan bukan dalam menggunakan ketiga kata itu hehe. Semoga artikel ini dapat menambah wawasan berbahasa Inggrismu. See you next time!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *